Institusion
Universitas Sintuwu Maroso Poso
Author
Ewagola, Debora Anastasya
Subject
HD62.2 Service management
Datestamp
2020-04-14 01:23:17
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh factor Bukti fisik, kepercayaan, tanggung jawab, jaminan dan kepedulian terhadap kepuasan pasien BPJS kesehatan pada Puskemas Matako. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh melaliii wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini seluruh pasien yang berkunjung pada Puskesmas Matako yang menggunakankartu BPJS kesehatan, sedangkan sampel pada penelitian ini menggunakan metode random sampling yaitu sebesar 20 orang.
Nilai konstanta kepuasan pasien BPJS kesehatan terhadap pelayanan Puskesmas Matako sebesar 10.402. Koefisien regresi bl sebesar 7,5%. Koefisien regresi b2 sebesar 4,5%. Koefisien regresi b3 sebesar 33,2%. Koefisien regresi b4 sebesar 34,5%. Koefisien regresi b5 sebesar 3%. Nilai R atau Multiple R sebesar 0,640 atau 64% menggambarkan hubungan antar variabel bcbas searah dan kuat. Besarnya kontribusi variebel independen (X) secara keseluruhan ditunjukan nilai koefisien deteiminasi (R square) yaitu sebesar 0,410, nilai tersebut dapat diartikan bahwa 41% dari variabelitas kepuasan pasien BPJS kesehatan terhadap pelayanan Puskesmas Matako dapat dijelaskan oleh variabel kenyataan, kepercayaan, tanggung jawab, jaminan dan kepedulian, Sedangkan 49% di jelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.