Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan lokasi secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian pada Toko Sumber Makmur Poso. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen di Toko Sumber Makmur Poso. Metode penentuan sampel yang digunakan yaitu metode accidental sampling. Jumlah sampel penelitian berjumlah 55 responden. Pengujian penelitian dilakukan dengan analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis (uji F dan uji t) dan uji koefisien determinasi (R2).
Berdasarkan uji F bahwa variabel harga dan lokasi secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (sig F 000 < a 0.05). Hasil uji t variabel XI yakni harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (sig t 0,001 < a 0.05) sedangkan variabel X2 yakni lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (sig t 0,299 > a 0.05) . Nilai R2 (R Square) sebesar 0,274. Angka ini menjelaskan bahwa kontribusi harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian sebesar 27,40% dan sisanya 72,60% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.