Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Produk dan Harga terhadap kepuasan berbelanja pada Swalayan Asdar Mart Poso. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang datang berbelanja pada Asdar Mart Poso, dimana menurut karyawan Asdar Mart Poso tersebut rata-rata pembeli setiap harinya mencapai
V
lebih kurang 300 orang dengan demikian Sampel yang dipilih menggunakan metode purposive sampling, dimana sampel dipilih dengan pertimbangan tertentu. Sampel ditetapkan sebesar 10% dari populasi yakni sebanyak 30 orang yang dianggap mewakili populasi.
Nilai konstanta kepuasan berbelanja pada Asdar Mart Poso sebesar 37,738: Koefisien variabel produk (XI) sebesar -0,028 hal ini berarti bahwa bilamana variable produk dinaikan satu-satuan maka akan menurunkan kepuasan berbelanja sebesar -0,028, sedangkan nilai variable harga (X2) yang sebesar -0,730 artinya bahwa apabila ditingkatkan satu-satuan maka akan menurunkan kepuasan berbelanja pada asdar mart Poso sebesar -0,730. Nilai R atau multiple R sebesar 0,410 atau 41% menggambarkan hubungan Antara variabel bebas dengan variabel terikat sangat kurang. Besarnya kontribusi variebel independen (XI dan X2) secara keseluruhan ditunjukan nilai koefisien determinasi (R square) yaitu sebesar 0,168, nilai tersebut dapat diartikan bahwa 16,8% dari variabelitas kepuasan berbelanja pada Asdar Mart Poso dapat dijelaskan oleh variabel Produk dan harga, Sedangkan 83,2% di jelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.