Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Problem-based terhadap siswa kelas X pada prestasi belajar biologi SMAN 1 poso. Penelitian ini adalah Quasi Eksperimental yang menggunakan desain kelompok kontrol pretest-posttest. Kelas eksperimen diajarkan dengan menggunakan metode pengajaran pembelajaran berbasis masalah, dan kelas kontrol diajarkan secara konvensional. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas X di sekolah ini, dan sampelnya adalah siswa kelas X MIA1 (31 siswa) dan kelas X MIA 2 (31 siswa) yang dipilih secara purposive. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan dokumentasi sekolah. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenik, dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS 16. Hasilnya menunjukkan bahwa hasil uji-t adalah thitung> ttabel, yaitu 11,63> 2,00 dengan signifikansi 5% tingkat. Nilai rata-rata di kelas eksperimen adalah 81,61, dan di kelas konvensional adalah 71,12. Hasil ini menyimpulkan bahwa model pengajaran ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada Biologi.