DETAIL DOCUMENT
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 AMPANA KOTA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Sintuwu Maroso Poso
Author
Sukarsih, Sukarsih
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-07-01 04:07:53 
Abstract :
Penelitian ini didesain melalui Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar konsep organisasi kehidupan melalui strategi pembelajaran Guided Note Taking Kelas VII SMP Negeri 4 Ampana Kota, Kabupaten Tojo Una-Una dengan jumlah 32 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Indikator kinerja pada penelitian ini berupa tercapainya ketuntasan belajar secara individual dan klasikal 85%. Temuan hasil penelitian diperoleh nilai hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 71,88% dan siklus 2 capaian 100% atau mengalami kenaikan sebesar 28,13%. Hasil prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode Guided Note Taking 100% beihasil hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata di masing-masing siklus. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran Guided Note Taking pada konsep organisasi kehidupan dapat meningkatkan hasil helajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Ampana Kota, Kabupaten Tojo Una-Una. 

Institution Info

Universitas Sintuwu Maroso Poso