Institusion
Universitas Sintuwu Maroso Poso
Author
Ladjeba, Hendra Rigana Dagolemba
Subject
JF1338 Public administration
Datestamp
2020-07-02 00:52:24
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Ranononcu Kecamatan Poso Kota Selatan Kabupaten Poso. Untuk mengetahui .Kualitas Pelayanan Publik yang diberikan oleh para pegawai, factor-Factor pendukung serta meTihat Hambatan-hambatan yang dihaadapi dan mencari Solusi bagi permasalahan tersebut Penelitian ini dilaksanakan pada Kantor Kelurahan Ranononcu Kecamatan Poso Kota Selatan Kabupaten Poso. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari obyek penelitian (responden/pengguna jasa layanan/masyarakat) melalui wawancara sedangkan (fata sekunder adalah (data yang bersumber dad Kmrtor Kelurahan Ranononcu. Data di analisis secara deskriptif, yaitu dengan menggambarkan hal-hal yang berhubungan dengan obyek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Ranononcu Kecamatan Poso Kota Selatan Kabupaten Poso pada kenyataannya telah berjalan dengan baik sesuai dengan harapan rnasyarakat, yang dinilai melalui beberapa dimensi, yaitu : bukti fisik yang masih terkendala dengan kenyamanan tempat pelayanan yang belum memadai, dimensi kehandalan terdapat pegawai yang belum ahli dalam menggunakan alat bantu, sementara dimensi daya tanggap telah memenuhi standar kepuasan pengguna layanan, demikian juga dengan dimensi Jaminan telah memnuhi standar kepuasan penerima layaaan, dan empati meski tidak berpengaruh, namun terjadi ketidakramahan petugas dalam melayani. Secara keseluruhan unsur dalam kualitas pelayanan publik telah terpenuhi dalam penelitian ini.