DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP INTERAKSI MAHKLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI I POSO KOTA SELATAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Sintuwu Maroso Poso
Author
Tanak, Yamayanti
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-12-12 03:24:30 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based instruction (PBI) terhadap hasil belajar siswa pada konsep interaksi mahkluk hidup dengan lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri I Poso Kota Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 92 orang siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Anggrek sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 31 orang, kelas VII Asoka sebagai kelas eksperimen 1 yang berjumlah 31 orang dan kelas VII Aster sebagai kelas eksperimen 2 yang berjumlah 30 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Data dianalisis menggunakan rumus uji t Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t hitung> t tabel yaitu 3, 212 > 1,986. Selain itu nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan yaitu pada kelas eksperimen 1 dan 2 memperoleh nilai rata-rata 76,5 dibandingkan dengan siswa kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 70. Dengan demikian pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based instruction (PBI) terhadap hasil belajar siswa pada konsep interaksi mahkluk hidup dengan lingkungan siswa kelas VII SMP Negeri I Poso Kota Selatan. 

Institution Info

Universitas Sintuwu Maroso Poso