Abstract :
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Insentif Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Bagian Marketing Pada PT. Federal International Finance (FIF) Cabang Poso. Data yang di gunakan adalah data primer dan data sekunder, sedangkan metode pengumpulan yaitu wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Populasi adalah seluruh karyawan bagian marketing berjumlah 13 orang dan semua dijadikan responden. Data dianalisis dengan menggunakan Regresi Linier Sederhana.
Hasil penelitian menjelaskan persamaan regresi Y = 2,820 + 0,919X. Koefisien regresi bemilai 0,919 atau 91,9%, artinya jika variabel insentif mengalami peningkatan 1% maka motivasi kerja karyawan akan meningkat sebesar 91,9%. Koefesien korelasi bemilai 0,912 atau 91,2%. Hal ini menggambarkan bahwa tingkat hubungan antar variabel insentif dan variabel motivasi kerja karyawan dalam kriteria hubungan sangat kuat. Koefesien determinasi sebesar 0,832 atau 83,2%. Hal ini menunjukkan bahwa insentif mempunyai pengaruh 83,2% terhadap motivasi kerja karyawan. Sedangkan sisanya 16,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hasil uji t nilai probabilitas (Sig t) = 0,000 < 0,05 artinya variabel Insentif berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja karyawan.