Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah tangibles, reliability, dan assurance berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Toko Tomini Poso. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja pada Toko Tomini Poso selama 6 bulan terakhir, menggunakan kuesioner, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 82 responden dengan metode accidential sampling. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan statistical program for social scienci (SPSS)
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut Y= 10.642 + 0.175 XI + 0.286 X2 + 0.010 X3. Berdasarkan analisis data statistik, setiap indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolonieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan berdistribusi normal. Hasil pengujian hipotesis yaitu Hasil uji T membuktikan bahwa variabel tangibles dan assurance tidak memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen dan variabel reliability memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen pada Toko Tomini Poso dan uji F menunjukkan bahwa variabel tangibles, reliability, dan assurance secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, dengan nilai hitung sebesar 704.439 dengan signifikan sebesar 0.012 < 0.05. Koefisien determinasi R Square yang diperoleh sebesar 0.131. Hal ini berarti 13.1% kepuasan pembelian dipengaruhi oleh variabel tangibles, reriability, dan assurance, sisanya yaitu 86.9% dipengaruhi variabel lain.