Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scientific berbasis karakter terhadap hasil belajar pada konsep mekanisme pernapasan manusia pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Poso Kota Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Poso Kota Utara yang berjumlah 121 yang terdiri dari 6 kelas dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E dengan jumlah siswa 29 prang dan kelas VIII B dengan jumlah siswa 29 orang. Teknik pengambilan Sampel dilakukan dengan menggunakan Post-tes Control Group Design. Selanjutnya data dianalisis menggunakan rumus uji-t. Temuan hasil penelitian diperoleh nilai thuing > ttabel sehingga thitung 1.746 > ttabel 1.673 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran scientific berbasis karakter Terhadap Hasil Belajar Pada konsep mekanisme pernapasan manusia siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Poso kota utara Tahun Ajaran 2018/2019.