Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk dan harga secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian pada Toko Idola Poso. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen di Toko Idola Poso.tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuisioner, metode penentuan sampel yang digunakan yaitu metode sampling accidental, jumlah sampel pada penelitian berjumlah 45 responden. Pengujian penelitian dilakukan dengan analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis (uji F dan uji t) dan uji koefisien determinasi (R2).
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut. Y= 4,785+ 0,376X1+ 0,236X2. Berdasarkan uji F bahwa variabel produk dan harga secara (simultan) berpengaruh signifikan (sig F 000,a 0,005) terhadap keputusan pembelian pada Toko Idola Poso. Hasil uji t variabel XI yakni produk berpengaruh signifikan (sig t < a 0,05) dan variabel X2 yakni harga tidak berpengaruh signifikan (sig t > a 0,05) terhadap keputusan pembelian pada Toko Idola Poso. Nilai R2 (R square ) sebesar 0,375. Angka ini menjelaskan bahwa kontribusi produk dan harga terhadap keputusan pembelian sebesar 37,50% dan sisariya 62,50% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.