Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) pada konsep pengelolaan lingkungan siswa SMA Negeri 2 Poso. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan April. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII yang terbagi menjadi dua kelas di antaranya kelas XMIA1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 26 siswa dan kelas XMIA2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes yang berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 15 butir soal. Analisis data menggunakan statistik uji t.
Temuan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol 74,8 dan kelas eksperimen 87,6, nilai t hitung sebesar 4,5 yang lebih besar dari t tabel 2,00. Sehingga diputuskan" menerima Hi dan menolak Ho. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) pada konsep pengelolaan lingkungan siswa kelas X SMA Negeri 2 Poso.