Abstract :
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Perbedaan prestasi belajar IPA Biologi konsep penanganan limbah di SMA Negeri 1 Ampana Kota.Metode penelitian quasi ekspererimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Ampana Kota tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 169 siswa. Yang terdiri dari 4 kelas, yaitu : X MIPA 1 (43 orang), X MIPA 2 (41 orang), X MIPA 3 (41 orang) dan X MIPA 4 (44 orang). Sampel yang diteliti dilakukan dengan cara tehnik Purposive sampling. Sampel penelitian ini meliputi kelas X MIPA 2 (41 orang) sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 (41 orang) sebagai kelas control dengan total keseluruhan 82 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan studi lapang yaitu observasi, dan test hasil belajar. Teknik anatisis data secara statistik melalui uji-t
Temuan hasil penelitian diperoleh nilai thitung3,15 lebih besar dari pada nilai ttabel 1,68 pada taraf signifikan 5% . Hal ini menunjukan bahwa ada perbedaan prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran brainstorming. Selain itu x siswa menggunakan model pembelajaran brainstorming lebih tinggi 78,7 dibanding dengan x siswa tanpa menggunakan model pembelajaran brainstorming 69,8. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar IPA Biologi konsep penangan limbah menggunakan model pembelajaran Brainstorming SMA Negeri 1 Ampana Kota.