Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan teknik ilustrasi pada konsep sistem pencemaan pada manusia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Petasia. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu XI IPAa sebagai kelas eksperimen dan XI IPA2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 46. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu). Desain yang digunakan yaitu two group post-tes desain yaitu penelitian yang melibatkan dua kelompok sampel, masing-masing di tetapkan sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t Temuan hasil penelitian diperoleh nilai thitung sebesar 3,32 dan ttabel 1,67 dengan taraf 5%. Hasil pengujian diketahui bahwa t^ > ttabel yaitu 3,32 > 1,67 pada taraf 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung signifikan, dengan kata lain terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan teknik ilustrasi pada konsep sistem pencemaan pada manusia kelas XI IPA SMA Negeri 2 Petasia.