Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman mahluk hidup siwa kelas VII SMP Negeri 2 Petasia Kabupaten Morowali Utara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatil Popuksi datem penelitian ini adalah seiuruh siswa SMP Negeri 2 Petasia yang berjumlah 138 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan purposive sampling yaitu siswa kelas VII yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 17 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Data dianalisis dengan menggunakan observasi, wawancara, tes, dan angket.
Temuan hasil penelitian menunjukan bahwa tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada konsep keanekaragaman mahluk hidup sudah efektif dengan presentase 90,67%, dan hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman mahluk hidup diperoleh nilai ketuntasan individu 9,940% dan ketuntasan klasikal mencapai 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match sangat efektif dan mendukung dalam proses pembelajaran IPA khususnya pada konsep keanekaragaman mahluk hidup.