DETAIL DOCUMENT
STUDI TINGKAT PEMAHAMAN GURU IPA TENTANG MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SMPN SEKECAMATAN POSO KOTA UTARA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Sintuwu Maroso Poso
Author
Anggriani, Anggriani
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-12-12 06:07:27 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru IPA tentang model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh guru IPA yang ada di SMP Se-Kecamatan Poso Kota Utara dengan sampel seluruh guru IPA di SMP Se-Kecamatan Poso Kota Utara yang berjumlah 11 orang. Data dikumpulkan dengan angket Teknik analisis data menggunakan rumus uji presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman guru IPA tentang model pembelajaran Problem Based teaming (PBL) di SMP Se-Kecamatan Poso Kota Utara pada indikator pertama terdapat 72% guru IPA yang paham, pada indikator kedua terdapat 72% guru IPA yang paham, Pada indikator ketiga terdapat 81% guru IPA yang sangat paham, Pada indikator keempat terdapat 72% guru IPA yang paham. Pada indikator kelima terdapat 81% guru IPA yang sangat paham dan pada indikator keenam terdapat 81% guru IPA yang sangat paham). Hal ini berarti pemahaman guru IPA tentang model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sudah baik sesuai dengan kemampuan yang dimiliki guru dalam menerapkan model pembelajaran ini. 

Institution Info

Universitas Sintuwu Maroso Poso