Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran make a match mampu meningkatkan pemahaman siswa kelas VII konsep Kependudukan dan Lingkungan di SMPN 3 Poso. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasy experimental (eksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-only control group design melibatkan dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random (R). Sampel penelitian adalah siswa kelas VII dengan jumlah siswa 50 orang. Teknik analisis data menggunakan rumus uji-t.
Hasil penelitian diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar siswa diperoleh dari nilai rata-rata responden kelas eksperimen yang telah diberi post-test. Hasil analisis di peroleh dari hasil uji hipotesis bahwa thitung sebesar 13,94 dan diperoleh ttabel sebesar 1,67 dengan taraf signifikansi 5%, sehingga dapat diketahui bahwa thitung lebih besar daripada ttabel dan hipotesa nihil (Ho) ditolak dan Ha diterima. Yang artinya ada pengaruh model pembelajaran make a match terhadap pemahaman siswa