DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA KONSEP KEPENDUDUKAN DAN LINGKUNGAN TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMPN 3 POSO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Sintuwu Maroso Poso
Author
Manggarai, Suzi Andriani
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-08-12 01:11:44 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran make a match mampu meningkatkan pemahaman siswa kelas VII konsep Kependudukan dan Lingkungan di SMPN 3 Poso. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasy experimental (eksperimen semu). Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-only control group design melibatkan dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random (R). Sampel penelitian adalah siswa kelas VII dengan jumlah siswa 50 orang. Teknik analisis data menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar siswa diperoleh dari nilai rata-rata responden kelas eksperimen yang telah diberi post-test. Hasil analisis di peroleh dari hasil uji hipotesis bahwa thitung sebesar 13,94 dan diperoleh ttabel sebesar 1,67 dengan taraf signifikansi 5%, sehingga dapat diketahui bahwa thitung lebih besar daripada ttabel dan hipotesa nihil (Ho) ditolak dan Ha diterima. Yang artinya ada pengaruh model pembelajaran make a match terhadap pemahaman siswa 

Institution Info

Universitas Sintuwu Maroso Poso