Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai pratikum IPA siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Poso Kota dengan pemanfaatan sarana laboratorium. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data kualitatif dilakukan dengan lembar observasi dan pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan tes hasil pratikum yang diberikan setelah proses pratikum selesai. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Poso Kota yang beriumlah 21 siswa.
Hasil penelitian siklus I menunjukan hasil observasi aktivitas guru mendapatkan nilai rata-rata 77,08% dan aktivitas siswa 70,83%. Sedangkan nilai untuk pratikum pada siklus I memperoleh daya serap 72,38% dan ketuntasan belajar klasikal di peroleh nilai sebesar 85,71%. Selanjutnya penelitian di lanjutkan pada siklus II. Pada siklus II aktivitas guru di peroleh 87,5% dan aktivitas siswa di peroleh nilai rata-rata 91%. Sementara pada hasil tes pratikum di dapatkan nilai pratikum dengan daya serap klasikal 85,95% dan ketuntasan belajar klasikal 95,23%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan pemanfaatan sarana laboratorium dalam proses pembelajaran khususnya mata pelajaran IPA melalui kegiatan pratikum dapat menunjang pemahaman siswa terhadap materi pelajaran sehingga nilai pratikum siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Poso Meningkat.