DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 POSO PESISIR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Sintuwu Maroso Poso
Author
Taparoa, Nurlaela S.
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-08-12 01:43:48 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman makhluk hidup siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Poso Pesisir. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Poso Pesisir yang berjumlah 83 orang yang terdiri dari siswa kelas VII A, VII B, VII C dan VII D. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B dengan jumlah siswa 21 orang dan siswa kelas VIIC yang berjumlah 20 orang siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Selanjutnya data dianalisis menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kontekstual berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman makhluk hidup. Dilihat dari perolehan nilai thiung 2,957 > ttabel 2,101. Selain itu model pembelajaran kontekstual lebih unggul dibandingkan pembelajaran konvensional. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata siswa dengan pembelajaran kontekstual lebih besar yaitu 78,09 dibandingkan nilai rata-rata siswa dengan pembelajaran konvensional yaitu 56,75. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa pada konsep klasifikasi makhluk hidup siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Poso Pesisir. 

Institution Info

Universitas Sintuwu Maroso Poso