Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media Powerpoint dan yang tidak menggunakan media Powerpoint pada konsep pencemaran lingkungan. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Poso kota utara. Penelitian tersebut merupakan penelitian komparatif . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Vll SMP Negeri 1 poso kota utara yang terdiri dari 6 kelas paralel dengan jumlah siswa 126 orang. Jumlah sampel yaitu 2 kelas dengan jumlah siswa 44 orang. Data hasil belajar siswa dianalisis secara komparatif yaitu menggunakan Tes T. Hasil penelitian menunjukkan pada siswa yang belajar tanpa
menggunakan media Powerpoint, ketuntasan individual mencapai 100% tetapi ketuntasan klasikal hanya mencapai 74%. Siswa yang belajar dengan menggunakan media Powerpoint, ketuntasan individual mencapai 100% dan ketuntasan klasikal 84%. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media Powerpoint dan yang tidak menggunakan media Powerpoint pada konsep pencemaran lingkungan siswa kelas Vll SMP Negeri 1 poso kota utara.