Abstract :
Penelitian ini bertujuan unuk menjelaskan hubungan perhatian orang tua dan karakter terhadap prestasi beiajar IPA siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Poso Kota. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan analisis linear sederhana dan berganda. Sainpel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 66 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Selanjutnya data dianalisis menggunakan uji r dengan bantuan SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhatian orang tua memiliki hubungan positif dengan prestasi beiajar IPA. Nilai R2y(1.2) atau koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,588 yang berarti bahwa 0,588 atau 58,8% variabel (Xi) dan (X2) memiliki pengaruh terhadap (Y). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua, dan karakter terhadap prestasi beiajar IPA siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Poso Kota.