Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dengan kombinasi Probing Promting terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada konsep sistem ekskresi siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Poso Kota. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Poso Kota. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Research). Pengambilan sampel dilakukan secara total sampling yaitu siswa kelas VIII A yang berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B yang berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol.
Temuan hasil penelitian ini diperoleh nilai thitung < dari nilai ttabel yaitu 0,003 < 0,05. Selain itu dari hasil perhitungan posttest kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dengan kombinasi Probing Promting menunjukkan nilai rata-rata yang lebih tinggi yaitu 77 dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model konvensional yaitu 76. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan model pembelajaran Think Pair Share dengan kombinasi Probing Prompting terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep sistem ekskresi di kelas VIII SMP Negeri 3 Poso Kota.