Abstract :
Interaksi guru dengan siswa memberikan dampak yang signifikan dalam menentukan motivasi serta keberhasilan siswa dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan hubungan interaksi guru dengan siswa terhadap motivasi serta hubungan interaksi guru dan siswa dengan hasil belajar biologi siswa di SMA Negeri 1 Lage. Metode ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket yang diberikan kepada siswa. Populasi yang menjadi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Lage yang berjumlah 220 orang. Sampel yang terpilih adalah kelas X MIA 20 orang, XI MIA 26 orang, XII MIA 23 orang, jumlah siswa 69 orang. Data dianalisis secara statistik dengan menggunakan rumus Uji Regresi berganda dibantu dngan program SPSS 19.
Hasil perhitungan Regresi Berganda diperoleh persamaan regresinya Y? =
-11.781+ 1.079 X1 + 0,165 X2 dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05. Dari hasil perhitungan statistik diperoleh nilai R2 0,975 atau 97,5%. Maka hasil perhitungan menyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan ada hubungan interaksi guru dengan siswa terhadap motivasi dan hasil belajar biologi di SMA Negeri 1 Lage dengan tingkat hubungan sangat kuat.