DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) KOMBINASI MAKE AMATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM DI SMA NEGERI 3 POSO
Total View This Week0
Institusion
Universitas Sintuwu Maroso Poso
Author
Nurbait, Aniza
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-11-05 01:26:20 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) Kombinasi Make A Matchterhadap hasil belajar siswa pada konsep ekosistem di SMA Negeri 3 Poso. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Poso yang berjumlah 105 orang. Pengambilan sempel menggunakan teknik rendom sampling dengan jumlah siswa 70 orang yang terdiri dari 35 orang siswa eksperimen kelas X IPA I dan 35 orang siswa kontrol kelas X IPA II. Temuan hasil penelitian diperoleh nilai thitung sebesar 3,344 dan ttabel sebesar 1,996 dengan hipotesisthitung> ttabel yaitu 3,344 > 1,996. Dengan demikian pada penelitian ini menunjukan bahwa Ho ditolak dan menerima H1 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe STAD(Student Team Achievement Divisions) kombinasi make a match terhadap hasil belajar siswa pada konsep ekosistem SMA Negeri 3 Poso. 
Institution Info

Universitas Sintuwu Maroso Poso