Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) Kombinasi Make A Matchterhadap hasil belajar siswa pada konsep ekosistem di SMA Negeri 3 Poso. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 3 Poso yang berjumlah 105 orang. Pengambilan sempel menggunakan teknik rendom sampling dengan jumlah siswa 70 orang yang terdiri dari 35 orang siswa eksperimen kelas X IPA I dan 35 orang siswa kontrol kelas X IPA II.
Temuan hasil penelitian diperoleh nilai thitung sebesar 3,344 dan ttabel sebesar 1,996 dengan hipotesisthitung> ttabel yaitu 3,344 > 1,996. Dengan demikian pada penelitian ini menunjukan bahwa Ho ditolak dan menerima H1 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe STAD(Student Team Achievement Divisions) kombinasi make a match terhadap hasil belajar siswa pada konsep ekosistem SMA Negeri 3 Poso.