DETAIL DOCUMENT
ANALISIS REPRESENTASI GENDER DALAM BUKU PELAJARAN BAHASA INGGRIS. "WHEN ENGLISH RINGS A BELL FOR SEVENTH GRADE JUNIOR HIGH SCHOOL"
Total View This Week0
Institusion
Universitas Sintuwu Maroso Poso
Author
Fitrianingsih, Fitrianingsih
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2021-01-07 01:51:12 
Abstract :
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan representsi gender dalam buku teks bahasa inggris dan untuk mengetahui jenis kelamin yang di wakili secara setara dalam buku teks bahasa inngris yang berjudul "When English Rings a Bell For Seventh Grade Junior High School" jenis penilitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisis data menggunakan enam aspek dari Logsdon yaitu, jumlah gambar wanita/pria, jumlah wanita/pria yang disebutkan, jumlah peran wanita/pria, jumlah permainan dan olahraga untuk pria/wanita dan pola pria/wanita. Hasil penelitian ini menggambarkan ada 267 gambar pria dan 219 gambar wanita, 176 pria disebutkan dan 171 wanita disebutkan dalam^buku teks, 1 permainan pria dan olahraga dan 1 pola menyebutkan nama wanita/pria. Dan dari semua aspek itu menunjukkan bahwa pria hamper mendominasi dalam semua aspek dibandingkan dengan wanita. Oleh karena itu, jenis kelamin direpresentasikan secara tidak merata dalam buku pelajaran bahasa Inggris "When English Rings a Bell For Seventh Grade Junior High School" tidak sama karena representasi laki-laki lebih dominan. 
Institution Info

Universitas Sintuwu Maroso Poso