DETAIL DOCUMENT
Peran Nilai Utilitarian dan Hedonis terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Minuman Cold Pressed Juice (Studi Kasus pada Konsumen di Wilayah Tangerang Raya)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
TANTOWI, Arlita Ayustina
Subject
C1019 Customer relations 
Datestamp
2021-06-24 03:28:04 
Abstract :
Taraf hidup yang meningkat dan maraknya tren hidup sehat pada masyarakat Indonesia memberikan dampak pada kemunculan dan perkembangan bisnis penunjang salah satunya yakni usaha produksi dan pemasaran cold pressed juice. Hal ini mengharuskan produsen cold pressed juice X untuk mampu bersaing dan menjadi merk unggulan cold pressed juice dari pesaingnya baik merk maupun jenis produk minuman kesehatan lainnya. Produsen perlu menghadirkan produk yang tidak hanya bermanfaat secara fisik, fungsi dan memberikan nilai bagi konsumen tetapi yang dapat memberikan rangsangan intrinsik, kesenangan dan penghargaan diri, yang kesemuanya itu tercakup kedalam bagian nilai utilitarian dan nilai hedonis, demi mendekatkan, mendapatkan dan mempertahankan konsumen loyal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran nilai utilitarian dan nilai hedonis terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Penelitian ini dilaksanakan selama bulan Juli 2019 di delapan gerai cabang minuman cold pressed juice merk X di seluruh wilayah Tangerang Raya. Tempat penelitian dipilih karena sebagian besar minuman cold pressed juice dipasarkan di daerah Jabodetabek khususnya daerah Tangerang. Metode pengambilan sampel yang digunakan ialah non probability sampling dengan teknik convenience/accidental sampling yang memenuhi kriteria yakni responden berusia 17 tahun keatas dan sedang atau pernah mengonsumsi minuman cold pressed juice X sebanyak 110 responden. Hasil pengolahan dan analisis data menggunakan partial least square (PLS) menunjukkan bahwa nilai utilitarian berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen sebesar 44,7 persen dan juga berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas konsumen sebesar 31,9 persen. Nilai hedonis sebesar 38,1 persen berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen dan sebesar 19,1 persen terhadap loyalitas konsumen. Hasil lain menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan sebesar 36,3 persen antara kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen. 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman