DETAIL DOCUMENT
Analisis Usahatani dan Strategi Pemasaran Selada (Lactuca Sativa L.) menggunakan Sistem Hidroponik Nft (Studi Kasus : PT. Hidroponik Agrofarm Bandungan di Kabupaten Semarang)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
MAWARDI, Alfathan Kurnia
Subject
A136 Agricultural industry 
Datestamp
2021-06-24 03:34:28 
Abstract :
PT. Hidroponik Agrofarm Bandungan merupakan perusahaan yang mengusahakan sayuran berupa selada dengan menggunakan sistem hidroponik NFT (Nutrient Film Technique) sehingga memiliki nilai jual yang tinggi di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis keuntungan usahatani selada hidroponik NFT yang diperoleh perusahaan; 2) Mengidentifikasi faktor-faktor internal meliputi kekuatan dan kelemahan serta faktor-faktor eksternal meliputi peluang dan ancaman yang dihadapi oleh PT. Hidroponik Agrofarm Bandungan; 3) Menentukan alternatif strategi pemasaran selada hidroponik dan menentukan strategi terbaik yang dapat diterapkan oleh di PT. Hidroponik Agrofarm Bandungan berdasarkan faktor internal dan eksternal. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2019 di PT. Hidroponik Agrofarm Bandungan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Analisis yang digunakan meliputi: analisis biaya, penerimaan, keuntungan, break even point, R/C, analisis IFE, EFE, SWOT, dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Usahatani selada hidroponik NFT di PT. Hidroponik Agrofarm Bandungan menguntungkan; 2) Berdasarkan hasil analisis faktor internal; kekuatan utama adalah kualitas produk dan kelemahan utama adalah kurangnya keterampilan dan kualitas tenaga kerja. Hasil analisis faktor ekternal; peluang utama yaitu berkembangnya pola makan sehat dan ancaman utama adalah perubahan iklim; 3) Strategi pemasaran terbaik yang dapat diterapkan oleh perusahaan saat ini yaitu: Melakukan perluasan distribusi dengan membuka kantor cabang baru di daerah lain. 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman