DETAIL DOCUMENT
Persepsi Konsumen terhadap Mie Berbahan Baku Pati Ganyong di Purbalingga
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
NURINDAHSARI, Isna Dwi
Subject
C1019 Customer relations 
Datestamp
2021-06-28 08:07:56 
Abstract :
UMKM Mie Ganyong mengalami masalah pemasaran mie masih tergantung pada pedagang perantara dan pesanan. Pemasaran mie ganyong hanya dijual di pasar pasar yang berada di Purbalingga dan warung dekat dengan daerah produksi. Produk mie ganyong memiliki banyak keunggulan sehingga tidak menutup kemungkinan mie ganyong dapat dijual di pasar luas. Dalam hal ini, pembisnis mie ganyong perlu mengetahui persepsi konsumen terhadap atribut produk, harga, distribusi/tempat, promosi. Hal ini perlu dilakukan agar dapat digunakan oleh produsen sebagai informasi yang menjadi dasar dalam membuat keputusan pemasaran yang tepat dan sesuai dengan keinginan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui persepsi konsumen terhadap kualitas produk, harga, tempat, dan promosi mie ganyong 2) Mengetahui strategi pemasaran yang tepat berdasarkan bauran pemasaran yang diterapkan. Penelitian dilakukan di Pasar Segamas, Pasar kemangkon dan UMKM Mie Ganyong. Obyek penelitian yaitu konsumen dan produsen Mie Ganyong. Pengambilan sampel dengan mengambil 25% dari total populasi dan pengambilan sampel produsen meggunakan purposive sample. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan yaitu Analisis Deskriptif dengan metode rata -rata dan teori Bauran Pemasaran. Berdasarkan persepsi konsumen terhadap produk memiliki rata ? rata sebesar 3,15 tergolong cukup baik artinya produk mie ganyong enak, tidak harum, warna sedikit coklat, kemasan masih sederhana, tidak terdapat waktu kadarluarsa, kurang higienis. Persepsi konsumen terhadap harga memiliki rata - rata sebesar 3,31 tergolong cukup baik artinya mie ganyong murah, dapat dibeli semua kalangan, sesuai dengan kualitas. Persepsi konsumen terhadap distribusi/ tempat memiliki rata -rata sebesar 3,73 tergolong baik artinya konsumen mudah mendapatkan produk, penataan produk. Persepsi konsumen terhadap promosi memiliki rata ? rata sebesar 3,77 tergolong baik artinya personal selling yang digunakan sudah baik sehingga penyampaian informasi jelas, serta strategi pemberian bonus sering dilakukan. Berdasarkan persepsi konsumen dan kebijakan yang diterapkan di UMKM Mie Ganyong dapat diterapakan strategi. Strategi produk yang dapat diterapkan meningkatkan kualitas produk melalui peningakatan kemasan. Berdasarkan jumlah produk yang mencukupi startegi harga yang dilakukan yaitu dengan mempertahankan harga. Untuk meningkatkan pemasaran yang luas perlu mengadakan kerjasama dengan pihak Pemerintah Kabupaten Purbalingga dan melakukan promosi menggunakan media online dan strategi penjualan. 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman