DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Manfaat terhadap Sikap dan Pengaruhnya terhadap Minat Menggunakan Mobile Payment dengan Inovasi Personal sebagai Variabel Moderasi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
AGUSTINA, Tina
Subject
C1019 Customer relations 
Datestamp
2021-07-26 03:03:50 
Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pada aplikasi mobile payment OVO yang dilakukan di area Purwokerto. Judul penelitian ini adalah: ?Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Manfaat terhadap Sikap dan Pengaruhnya terhadap Minat Menggunakan Mobile Payment dengan Inovasi Personal sebagai Variabel Moderasi : Studi pada Pengguna Aplikasi OVO di Purwokerto?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari pengaruh dari masing-masing variabel independen terhadap varibal dependen apabila terdapat variabel moderasi di antara variabel independen dan variabel dependen tersebut. Variabel yang diteliti dalam penelitian kali ini adalah persepsi kemudahan, persepsi manfaat, dan inovasi personal. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menggunakan PLS menunjukkan bahwa : (1) persepsi kemudahan berpengaruh positif terhadap sikap pengguna mobile payment OVO, (2) persepsi manfaat berpengaruh positif terhadap sikap pengguna mobile payment OVO (3) terdapat pengaruh positif antara sikap pengguna terhadap minat menggunakan mobile payment OVO, (4) inovasi personal tidak memoderasi hubungan antara persepsi kemudahan terhadap sikap pengguna mobile payment OVO, dan (5) Inovasi personal tidak memoderasi hubungan antara persepsi manfaat terhadap sikap pengguna mobile payment OVO. Implikasi dari penelitian ini yaitu perbaikan sikap pengguna mobile payment pada aplikasi OVO bisa dilakukan dengan terus memperbaiki dan mengembangkan aplikasi maupun fitur yang ada agar lebih mudah digunakan. Untuk mempengaruhi sikap pengguna aplikasi OVO juga dapat dilakukan dengan terus mengembangkan fitur dan fasilitas pelayanannya agar dapat memberikan keyakinan terhadap penggunanya dengan tujuan meningkatkan kinerja pemakai, meningkatkan produktivitas serta efektivitas dalam bertransaksi. Selain itu, minat menggunakan mobile payment OVO dapat ditingkatkan dengan memperbaiki sikap responden khususnya selama menggunakan mobile payment OVO. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat konsumen merasa bahwa dengan menggunakan aplikasi, kinerja serta produktivitas mereka meningkat sehingga pengguna selalu membutuhkan aplikasi OVO dalam setiap transaksi. 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman