DETAIL DOCUMENT
Rancang Bangun Marketplace Penjualan Jajanan dan Makanan di Lingkungan Kampus dan Mahasiswa (Studi Kasus Fakultas Teknik Unsoed)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
UMAR, Rista Afifah
Subject
C690 Computer programming 
Datestamp
2021-08-10 14:59:14 
Abstract :
Marketplace merupakan sebuah website atau aplikasi online yang memfasilitasi proses jual beli dari berbagai toko, dimana calon pembeli dan penjual bertemu untuk melakukan transaksi secara elektronis melalui media internet. Mahasiswa Fakultas Teknik banyak yang melakukan kegiatan kewirausahaan, hampir semua organisasi kemahasiswaan yang ada di Fakultas Teknik Unsoed memiliki bidang atau divisi khusus kewirausahaan. Penjualan dilakukan digedung perkuliahan menggunakan konsep kantin kejujuran dimana transaksi jual beli mengandalkan kejujuran pembeli dan pedagang hanya perlu menaruh produknya di meja kantin kejujuran, adapun masalah yang sering terjadi yaitu jumlah uang yang di peroleh pedagang tidak sesuai dengan hasil yang seharusnya. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian ?Rancang Bangun Marketplace Penjualan Jajanan dan Makanan di Lingkungan Kampus dan Mahasiswa (Studi Kasus Fakultas Teknik Unsoed)? Tujuan dari Penelitian ini adalah merancang sistem penjualan berbasis web yang dapat mempermudah mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus dalam melakukan transaksi penjualan dan pembelian, sehingga proses penjualan bisa dilakukan secara efisien dan meningkatkan nilai penjualan bagi para pedagang. Bahasa pemrograman yang digunakan pada penelitian ini bahasa pemrograman PHP native, basis data yang digunakan MySQL, dan metode pengujian yang digunakan Blackbox dan Mean Opinion Score (MOS). Hasil pengujian sistem berdasarkan pengujian MOS 82% responden menyatakan bahwa sistem marketplace membantu dalam proses transaksi jual beli produk, dan hasil pengujian sistem menggunakan blackbox sistem berjalan dengan baik sesuai ketentuan pengujian sistem. 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman