DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Media Pembelajaran, dan Pemanfaatan Waktu Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Al Hikmah Muncar
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
FAWAID, Rizal
Subject
C716 Concept learning 
Datestamp
2021-07-31 05:38:47 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa di SMA Al Hikmah Muncar; (2) Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa di SMA Al Hikmah Muncar; (3) Pengaruh pemanfaatan waktu belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa di SMA Al Hikmah Muncar. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Al Hikmah Muncar tahun ajaran 2020/2021 dengan mengambil sampel sebanyak 47 siswa. Hasil penelitian ini adalah: (1) kompetensi professional guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi, artinya guru yang memiliki keterampilan mengajar yang baik, memiliki wawasan yang luas, menguasai kurikulum dan indikator guru professional lainnya maka tinggi hasil belajar yang didapatkan; (2) media pembelajaran berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi, artinya semakin efektif media pembelajaran maka tinggi pula hasil belajar siswa yang didapatkan; (3) pemanfaatan waktu belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi, artinya semakin siswa dapat mengelola waktu belajarnya dengan baik maka tinggi pula hasil belajar yang didapatkan. Implikasi dari penelitian ini, guru hendaknya meningkatkan dalam hal menaruh perhatian pada siswanya. Karena dengan memberikan kesempatan siswa untuk berpartisipasi dalam proses pembelajaran akan berdampak pada ilmu yang didapatakan pada kegiatan belajar mengajar; siswa hendaknya lebih pintar dalam mengelola waktu belajar dengan sebaik-baiknya agar mendapatkan hasil yang maksimal; sekolah hendaknya kepala sekolah beserta komitenya dapat menganggarkan RAPBS untuk menyediakan berbagai media pembelajaran demi tercapainya hasil belajar yang lebih baik. Kata kunci: Hasil belajar siswa, Kompetensi professional guru, Media pembelajaran, Pemanfaatan waktu belajar. 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman