DETAIL DOCUMENT
Strategi Pengembangan Pasar Tradisional Untuk Meningkatkan Kepuasan Pedagang (Studi Kasus di Pasar Kliwon Karanglewas, Banyumas, Jawa Tengah)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
FIKROTUL M, Nisti
Subject
M79 Market surveys 
Datestamp
2021-08-09 04:06:08 
Abstract :
Pasar tradisional merupakan bentuk ekonomi kerakyatan dan juga merupakan salah satu pilar perekonomian nasional di Indonesia. Kondisi pasar tradisional sebagian besar kotor dan tidak nyaman untuk berbelanja akan tetapi tetap ramai di kunjungi oleh pembeli. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian adalah di pasar Kliwon, Karanglewas, Banyumas. Informan penelitian Kepala Pengelola Pasar Kliwon Karanglewas dan 6 Pedagang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan pasar tradisional yang dilakukan Pengelola pasar Kliwon Karanglewas melalui program revitalisasi pasar tradisional yang bertujuan untuk dapat meningkatkan daya saing pasar dan mengaktifkan kembali kegiatan pasar tradisional agar mampu bersaing dengan pasar modern. Analisis strategi pengembangan pasar dalam meningkatkan kepuasan pedagang di Pasar Kliwon Karanglewas mencakup empat aspek diantaranya aspek sosial, aspek non fisik, aspek ekonomi dan aspek fisik. Dari ke-empat aspek tersebut para pedagang masih merasa belum puas, karena pedagang liar atau pedagang tiban yang masih berdagang di luar area pasar serta tidak memiliki Surat Penempatan Pedagang (SPP), sistem penindak lanjutan keluhan dan saran yang masih lambat, sarana dan prasarana yang belum optimal dan kesejahteraan pedagang dalam hal pendapatan masih tidak maksimal (menurun). 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman