DETAIL DOCUMENT
Budaya Aisatsu dan Ojigi (Studi Fenomologi Budaya Komunikasi pada Pekerja Hotel Kyuukamura Kishu Kada)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
YUSUF, Reinaldy
Subject
C632 Communication Culture Intellectual life Recreation 
Datestamp
2021-08-09 13:33:56 
Abstract :
Tujuan penelitian untuk mengetahui mengenai budaya komunikasi masyarakat Jepang yaitu komunikasi verbal Aisatsu dan non-verbal Ojigi yang dipraktikan oleh pekerja hotel Kyuukamura Kishu Kada menggunakan studi fenomologi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Informan dari penelitan ini berjumlah 5 orang. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah budaya komunikasi verbal Aisatsu yang dipraktikan oleh pekerja Kyuukamura Kishu Kada berbeda-beda tergantung pada lawan bicara dan situasinya. Untuk budaya non-verbal Ojigi dilakukan untuk menunjukan permintaan maaf, terimkasih, dan menghormati lawan bicara. Semakin membungkuk dalam melakukan Ojigi maka perasaan yang ditunjukan semakin dalam. Pekerja di Kyuukamura Kishu Kada juga menyadari bahwa Aisatsu dan Ojigi merupakan budaya komunikasi Jepang yang sangat penting dan berperan penting terutama di Kyuukamura Kishu Kada. 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman