DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Program PATEN (PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN) di Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
SAPUTRI, Edfa Missykah
Subject
C432 Civil service 
Datestamp
2021-08-12 06:59:53 
Abstract :
Pelayanan PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan) di Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap belum optimal dalam memberi pelayanan yang sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditetapkan dilihat dari penilaian sisi masyarakat yang merasa belum puas terhadap pelayanan yang diterima. Sehingga hal ini mengindikasikan kualitas pelayanan yang masih cukup rendah pada Pelayanan PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan) di Kecamatan Cimanggu. Oleh karena itu penelitian ini bermaksud untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat dalam Program PATEN (PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan) di Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap. Pengukuran Kualitas Pelayanan (X) dalam penelitian ini menggunakan indicator SERVQUAL menurut Parasuraman, dkk (dalam Lupiyoadi dan Hamdani, 2006: 182) yang terdiri dari Bukti Langsung (Tangible), Keandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Emphaty). Pengukuran Kepuasan Masyarakat (Y) merujuk pada konsep Hawkins dan Looney (dalam Tjipto, 2004: 101) terdiri dari Kesesuaian Harapan dan Minat Berkunjung Kembali. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat. Pada penelitian ini, sasaran penelitian masyarakat dengan metode pendekatan survei. Dengan rumus Slovin diperoleh 100 responden, untuk pengambilan sampel digunakan teknik accidental sampling, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, observasi, dan dokumentasi. Untuk mengetahui kecenderungan variabel Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Masyarakat dianalisis dari tabel (1) Distribusi Frekuensi menunjukkan bahwa persepsi masyarakat menganggap pelayanan berkualitas (70,0%) dan masyarakat merasa puas (83,0%). (2) Konkordasi Kendall (?c) menunjukkan adanya hubungan positif dengan koefisien sebesar 0,396 yang signifikan pada taraf 0,000. (3) analisis Regresi Ordinal menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat koefisien Regresi Ordinal sebesar 17.494 yang signifikan pada taraf 0,000 dan berpengaruh sebesar 23,0%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Ha diterima sehingga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Masyarakat dalam program PATEN (Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan) di Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap. Tingkat kualitas pelayanan baik dan kepuasan masyarakat baik. Pelayanan PATEN di Kecamatan Cimanggu perlu terus meningkatkan kualitas pelayanan dengan memperbaiki manajemen mulai dari sistem pelayanan administrasi sampai dengan penanganan pelayanan PATEN khususnya dalam hal daya tanggap dan jaminan akan pelayanan PATEN. 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman