DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Motivasi Belajar dan Efikasi Diri terhadap Prestasi Belajar dengan Kepuasan Mahasiswa Dimasa Pandemi Covid-19 sebagai Variabel Mediasi (Pada Program Studi S1 Manajemen Universitas Jenderal Soedirman Angkatan 2018 - angkatan 2020)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
MASTUTI, Dianingrum Ayu
Subject
E78 Educational psychology Motivation Psychology Performance 
Datestamp
2021-08-16 07:36:33 
Abstract :
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh antara Motivasi Belajar dan Efikasi Diri terhadap Kepuasan Mahasiswa yang berpengaruh secara tidak langsung terhadap Prestasi Belajar mahasiswa selama diterapkannya pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19 di Universitas Jenderal Soedirman. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Universitas Jenderal Soedirman angkatan 2018, 2019, dan 2020 yang berjumlah 460 orang. Sampel yang digunakan penelitian ini sebanyak 216 mahasiswa. Sampel diambil dengan teknik propotionate stratified radom sampling. Data pada penelitian ini dianalisis dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat pengaruh positif antara Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar. (2) Terdapat pengaruh positif antara Efikasi Diri dan Prestasi Belajar. (3) Tidak terdapat pengaruh positif antara Motivasi Belajar dan Kepuasan Mahasiswa. (4) Terdapat pengaruh positif antara Efikasi Diri dan Kepuasan Mahasiswa. (5) Kepuasan Mahasiswa tidak memediasi pengaruh antara Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar. (6) Kepuasan Mahasiswa memediasi pengaruh antara Efikasi Diri terhadap Prestasi Belajar. (7) Terdapat pengaruh positif antara Kepuasan Mahasiswa dan Prestasi Belajar. Implikasi pada penelitian ini yaitu diperlukan adanya pemenuhan kebutuhan mahasiswa yang menunjang kegiatan pembelajaran online untuk untuk memunculkan motivasi belajar dalam diri mahasiswa, pentingnya toleransi dan kreativitas dosen terhadap mahasiswanya dalam pembelajaran online agar mahasiswa memiliki efikasi diri yang baik. Kemudian sikap keterbukaan dosen terhadap masalah-masalah yang dimiliki oleh setiap mahasiswa dalam pembelajaran online akan menjadi suatu bentuk pendekatan antara dosen dan mahasiswa, serta perlunya kebijaksanaan dosen dalam memberikan penilaian terhadap tugas ataupun ujian mahasiswa agar dapat mencapai kepuasan mahasiswa yang tinggi sekaligus prestasi belajar yang baik. 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman