DETAIL DOCUMENT
Nilai Sosial Novel Semua Indah pada Waktunya Karangan Eko Hartono dan Relevansi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
ADAN, Satria Ikhlasul Amal
Subject
L270 Literature History and criticism 
Datestamp
2021-08-16 09:29:23 
Abstract :
Suatu kelompok masyarakat memiliki suatu kesepakatan mengenai berbagai aturan yang harus dipatuhi. Tujuan dari suatu aturan digunakan untuk mewujudkan keteraturan sosial. Kesepakatan itulah yang nantinya disebut sebagai nilai sosial. Karena pada dasarnya nilai sosial merupakan suatu perilaku atau tindakan yang dianggap baik oleh kebanyakan masyarakat. Kajian sosiologi sastra digunakan dalam penelitian ini dikarenakan novel Semua Indah pada Waktunya karya Eko Hartono banyak mengandung unsur-unsur sosiologi sastra khususnya aspek sosial. Sosiologi sastra sendiri berperan mengkaji hubungan antara karya sastra dengan manusia, dalam masyarakat dan proses sosialnya. Masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana pola interaksi berkaitan dengan nilai sosial yang terjadi antar tokoh dalam novel Semua Indah pada Waktunya karangan Eko Hartono, (2) Bagaimana relevansi hasil penelitian dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini adalah mencari data dan informasi tentang aspek sosial dalam novel Semua Indah pada Waktunya karangan Eko Hartono. Ruang lingkup penelitian termasuk dalam kritik sastra pengkajian sosiologi sastra. Pembatasan masalah yaitu pada aspek sosial. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer yaitu dialog antar tokoh yang berkaitan dengan nilai sosial berupa interaksi sosial dan masalah sosial pada novel Semua Indah pada Waktunya karangan Eko Hartono. Metode pengumpulan data digunakan adalah membaca secara cermat novel Semua Indah pada Waktunya karangan Eko Hartono, menandai data yang berkaitan dengan nilai sosial, memilah dan mencatat data, menyimpulkan hasil. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif sebagai metode utama dalam penelitian ini. Disimpulkan, bentuk nilai sosial yang ditemukan dalam penelitian ini adalah interaksi sosial dan masalah sosial. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar dalam kompetensi dasar 3.9 menganalisis isi dan kebahasan novel. Dengan memperhatikan isi dan kebahasaan novel, nantinya peserta didik dapat menganalisis novel untuk bisa mengetahui unsur-unsur yang terkandung dalam sebuah novel tersebut. 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman