DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Pemberian Beasiswa KIP-Kuliah, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
ISWATI, Feni
Subject
M567 Motivation Psychology 
Datestamp
2021-10-15 07:16:25 
Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif pada mahasiswa penerima beasiswa KIP-Kuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman angkatan 2020. Penelitian ini mengambil judul ?Pengaruh Pemberian Beasiswa KIP-Kuliah, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh pemberian beasiswa KIP Kuliah terhadap motivasi belajar; (2) Pengaruh lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar; (3) Pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa penerima beasiswa KIP-Kuliah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jenderal Soedirman angkatan 2020 yang berjumlah 91 mahasiswa. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 76 responden yang diambil secara random. Metode yang digunakan dalam penelitian ini antara lain Uji Validitas dan Reliabilitas, Analisis Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Berganda, Uji F, Uji t, dan Koefisien Determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menggunakan program IBM SPSS Statistics 24 menunjukkan bahwa: (1) Pemberian beasiswa KIP-Kuliah berpengaruh positif terhadap motivasi belajar; (2) Lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap motivasi belajar; (3) Lingkungan teman sebaya berpengaruh positif terhadap motivasi belajar; (4) Lingkungan teman sebaya memiliki pengaruh paling besar terhadap motivasi belajar. Implikasi pada penelitian ini sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar yaitu bagi mahasiswa diharapkan dapat lebih selektif dalam memilih teman yang baik. Interaksi dengan lingkungan teman sebaya dapat dilakukan melalui group mahasiswa penerima beasiswa KIP-Kuliah sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar. Selain itu, diharapkan dapat menjalin hubungan baik dalam lingkungan keluarga dengan cara saling mendukung untuk hal yang positif. Bagi pemerintah diharapkan dapat meningkatkan kuota penerima beasiswa KIP-Kuliah dan meningkatkan jumlah dana beasiswa KIP-Kuliah bagi mahasiswa yang membutuhkan. Bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan prestasi belajar sebagai variabel independen dan motivasi belajar sebagai variabel moderasi. 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman