DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Foto Makanan dan Deskripsi Menu pada Layanan Gofood Terhadap Persepsi Pelanggan
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
SETYALANI, Griselda Fidela
Subject
F264 Food Packaging 
Datestamp
2021-10-27 02:03:22 
Abstract :
Menu merupakan alat periklanan yang digunakan untuk mempromosikan produk yang disajikan sebuah restoran. Pada dasarnya yang pertama kali dinilai oleh manusia adalah penampilannya, melalui tampilan foto makanan yang menarik dan deskripsi item menu yang jelas dapat mencuri perhatian pelanggan. Layanan pesan antar Gofood menjadi salah satu layanan yang menyediakan menu digital dengan tampilan foto makanan dan deskripsi item menu untuk setiap restoran yang bergabung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi dari foto makanan dan deskripsi item menu pada layanan Gofood terhadap persepsi pelanggan. Untuk menganalisis korelasi antara foto makanan dan deskripsi item menu dengan persepsi pelanggan, digunakan teori perbedaan individu yang dikemukakan oleh Melvin D. DeFleur. Teori ini menjelaskan bahwa perbedaan individu dapat mempengaruhi respon individu terhadap suatu stimuli dan individu cenderung memberikan perhatian pada stimuli yang berkaitan dengan kepentingannya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penyebaran kuesioner secara acara menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh responden sejumlah 200 responden yang merupakan pelanggan layanan pesan antar Gofood. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tanggapan responden terkait dengan variabel foto makanan yang berpengaruh secara positif terhadap persepsi pelanggan sebesar 31,7%, sedangkan variabel deskripsi item menu berpengaruh secara positif terhadap persepsi pelanggan sebesar 15%. Pengaruh foto makanan dan deskripsi item menu pada layanan Gofood terhadap variabel persepsi pelanggan menghasilkan presentase sebesar 40,4%. 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman