Abstract :
Penelitian ini berfokus untuk mengalasisis kesalahan interlanguage yang
dibuat oleh siswa SMA dalam menulis teks recount. Tujuan penelitian ini adalah:
1) untuk menganalisis tipe kesalahan yang paling dominan yang dibuat oleh sisiwa
berdasarakan stategy surface taxonomy. 2) untuk menganalisis alasan mengapa
kesalahan tersebut menjadi kesalahan yang paling dominan. 3) untuk menganalisis
proses interlanguage yang mempengaruhi siswa dalam membuat kesalahan pada
saat menulis teks recount.
Penelitian ini menggunakan medote kualitatif deskriptif. Sampel yang
diambil dalam penelitian ini adalah 15 siswa kelas XI MA PK Ma?arif 2 Kuwarasan.
Data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi, tabel ceklis dan wawancara.
Teknik analisis datanya adalah triangulation.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) terdapat empat jenis kesalahan
berdasarkan startegi surface taxonomy yaitu omission, addition, misordering and
misformation, kesalahan yang paling dominan terdapat pada kesalahan
misformation. 2) alasan terjadinya kesalahan pada siswa dlam menulis teks recount
adalah interlingual transfer. 3) terdapat tiga proses inerlanguage yang muncul dan
mempengaruhi siswa dalam membuat kesalahan dalam menulis, diantaranya adalah: overgeneralization, strategies of second language learning and language
transfer.