DETAIL DOCUMENT
A Descriptive Analysis of Interlanguage Errors Made by Senior High School Students of MA PK Ma’arif 2 Kuwarasan in Their Recount Text Writing
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
MAQSUDAH, Arina
Subject
L51 Language and languages 
Datestamp
2021-11-01 02:10:43 
Abstract :
Penelitian ini berfokus untuk mengalasisis kesalahan interlanguage yang dibuat oleh siswa SMA dalam menulis teks recount. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk menganalisis tipe kesalahan yang paling dominan yang dibuat oleh sisiwa berdasarakan stategy surface taxonomy. 2) untuk menganalisis alasan mengapa kesalahan tersebut menjadi kesalahan yang paling dominan. 3) untuk menganalisis proses interlanguage yang mempengaruhi siswa dalam membuat kesalahan pada saat menulis teks recount. Penelitian ini menggunakan medote kualitatif deskriptif. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 15 siswa kelas XI MA PK Ma?arif 2 Kuwarasan. Data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi, tabel ceklis dan wawancara. Teknik analisis datanya adalah triangulation. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) terdapat empat jenis kesalahan berdasarkan startegi surface taxonomy yaitu omission, addition, misordering and misformation, kesalahan yang paling dominan terdapat pada kesalahan misformation. 2) alasan terjadinya kesalahan pada siswa dlam menulis teks recount adalah interlingual transfer. 3) terdapat tiga proses inerlanguage yang muncul dan mempengaruhi siswa dalam membuat kesalahan dalam menulis, diantaranya adalah: overgeneralization, strategies of second language learning and language transfer. 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman