DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Pelatihan Teknologi Pembelajaran dengan Empat Level Evaluasi Pelatihan terhadap Kinerja Guru dengan Kompetensi sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Guru SMA Negeri 1 Sumpiuh)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
AENI, Febri Dwi Nur
Subject
E216 Employees Rating 
Datestamp
2021-11-08 03:08:30 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pelatihan Teknologi Pembelajaran dengan Empat Level Evaluasi Pelatihan terhadap Kinerja Guru dengan Kompetensi sebagai Variabel Mediasi. Responden dalam penelitian ini adalah guru SMA Negeri 1 Sumpiuh Banyumas. Jumlah responden dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan metode sensus dengan jumlah 55 responden. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Reaksi berpengaruh positif terhadap kompetensi. (2) Pembelajaran berpengaruh positif terhadap kompetensi. (3) Perilaku berpengaruh positif terhadap kompetensi. (4) Hasil berpengaruh positif terhadap kompetensi. (5) Kompetensi berpengaruh positif terhadap kinerja guru. (6) Kompetensi memediasi pengaruh reaksi terhadap kinerja guru. (7) Kompetensi memediasi pengaruh pembelajaran terhadap kinerja guru. (8) Kompetensi memediasi pengaruh perilaku terhadap kinerja guru. Dan (9) Kompetensi memediasi pengaruh hasil terhadap kinerja guru. Secara umum pelaksanaan pendidikan dan pelatihan guru di SMA Negeri 1 Sumpiuh berjalan dengan baik, sehingga memberikan beberapa implikasi diantaranya adalah meningkatkan kinerja guru dalam mengajar seperti dalam pembuatan perangkat pembelajaran yang akan berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa. Setelah mengikuti pendidikan dan pelatihan, guru di SMA Negeri 1 Sumpiuh diharapkan dapat: (1) mengembangkan keahlian sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan lebih efektif. (2) mengembangkan pengetahuan sehingga pekerjaan dapat diselesaikan secara rasional. (3) mengembangkan sikap sehingga menimbulkan kemajuan kerja sama dengan teman-teman guru dan kepala sekolah. (4) memberikan intruksi khusus guna melaksanakan tugas-tugas dari suatu jabatan tertentu. (5) membantu guru menyelesaikan pekerjaan yang baru dan untuk memberikan beberapa ide mengenai latar belakang pekerjaan. (6) membantu guru dalam menyesuaikan diri dengan metode-metode dan proses yang baru yang terus menerus diadakan. 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman