DETAIL DOCUMENT
Analisis Kepuasan Konsumen Kedai Kopi di Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah (Studi Kasus: Kedai Kopi Kempus)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
PUTRI, Arkianti Aninditia
Subject
C793 Consumers 
Datestamp
2021-11-11 08:02:00 
Abstract :
Komoditas unggulan Indonesia salah satunya adalah kopi. Konsumsi kopi yang sangat tinggi di Indonesia menyebabkan para pemilik modal tertarik untuk membuka usaha coffee shop. Kedai kopi merupakan salah satu jenis usaha yang menawarkan berbagai jenis olahan kopi yang kemudian didukung oleh fasilitas dan konsep tempat menarik sehingga dapat menarik konsumen. Penelitian ini dilakukan di salah satu usaha yang mengolah biji kopi menjadi minuman yaitu Kedai Kopi Kempus. Kedai Kopi Kempus mengolah biji kopi menjadi minuman dengan berbagai varian rasa kopi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengidentifikasi karakteristik konsumen kedai kopi ?Kopi Kempus?. 2) Mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap kinerja kedai kopi ?Kopi Kempus?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Ukuran sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang diambil menggunakan accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah Customer Satisfaction Index (CSI) dan Important Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Karakteristik konsumen pada Kedai Kopi Kempus mayoritas berumur 20-25 tahun, berjenis kelamin laki-laki, memiliki pendidikan terakhir SMA/SLTA, mahasiswa/pelajar, dan memiliki pendapatan rata-rata atau uang saku bagi mahasiswa dan pelajar sebesar kurang dari Rp1.000.000,00 sampai dengan Rp1.000.000,00. 2) Tingkat kepuasan konsumen terhadap kinerja kedai Kopi Kempus yaitu sebesar 83,97 persen berada di kategori sangat puas dan terdapat 16,03 persen yang belum sesuai harapan. 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman