DETAIL DOCUMENT
Multimodal Discourse Analysis of Health Supplement Beverage UC 1000 Advertisements
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
AULIA, Afida Nada
Subject
C970 Criticism 
Datestamp
2021-11-12 03:04:19 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi video iklan minuman suplemen kesehatan UC 1000 dari perspektif analisis wacana multimodal. Dengan menggunakan Tata Bahasa Fungsional Sistemik dan Tata Bahasa Desain Visual yang dikemukakan oleh Michael Halliday (1961) and Gunther Kress & Theo Van Leeuwen (1996) sebagai dua kerangka teori untuk mengidentifikasi makna ideasional dari elemen verbal dan non-verbal (visual, gestural, spasial) dan makna utuh yang dibentuk dari integrasi keduanya. Data yang dianalisis adalah cuplikan gambar dari video iklan UC 1000 yang memuat elemen verbal dan non-verbal. Selain itu, metode deskriptif-kualitatif dan teknik purposive sampling diterapkan untuk menjawab pertanyaan penelitian yang telah dirumuskan. Analisa mengungkapkan bahwa ada tiga jenis makna ideasional yang ditemukan dalam keseluruhan unsur verbal. Pertama adalah Proses Material yang digunakan untuk menjelaskan kepada para penonton tentang aksi mengkonsumsi UC 1000 dan beberapa aktivitas positif yang bisa mereka lakukan setelah meminumnya. Proses yang kedua adalah Proses Relasional yang dipakai untuk mendeskripsikan fenomena tertentu yang berhubungan dengan judul video iklan dan ciri-ciri produk UC 1000. Kemudian, proses yang ketiga adalah Proses Eksistensial yang menarasikan keberadaan banyak entitas. Untuk elemen visual, ada lima subtipe dari Proses Narasi dan Konseptual. Pertama adalah Proses Aksi atau proses yang digunakan untuk menggambarkan aksi mengkonsumsi produk dan banyak kegiatan positif. Setelah itu, ada Proses Reaksional sebagai gambaran arah pandangan bintang iklan. Proses yang ketiga adalah Proses Simbolik yang dipakai untuk mengilustrasikan makna ideologis yang terkait dengan judul video iklan. Keempat adalah Proses Klasifikasi yang mengklasifikasikan varian dari UC 1000. Terakhir adalah Proses Analitik yang digunakan untuk mengidentifikasi setiap detail pada gambar. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur visual dan verbal yang terintegrasi saling melengkapi untuk membentuk pesan utama iklan dalam mempromosikan produk suplemen kesehatan dan menunjukkan banyak manfaat yang dapat diperoleh orang-orang setelah mengkonsumsinya seperti memiliki kulit yang cerah dan tubuh yang sehat. Hal ini juga membuktikan bahwa makna utuh dari integrasi tersebut sejalan dengan konsep kecantikan yang ideal yang dimiliki oleh perusahaan minuman suplemen kesehatan itu yaitu cantik yang sehat. 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman