DETAIL DOCUMENT
Hubungan Persepsi Sertifikasi Halal dengan Keputusan Pembelian Minuman Kekinian pada Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
JUNITA, Sukma
Subject
C793 Consumers 
Datestamp
2021-11-12 03:31:33 
Abstract :
Latar Belakang: Berkembangnya industri pangan di Indonesia memunculkan berbagai macam makanan dan minuman kekinian yang inovatif dan popular. Meskipun minuman kekinian saat ini digemari konsumen di Indonesia tetapi masih banyak ditemukan minuman kekinian yang belum memiliki sertifikasi halal dan perlu diwaspadai kehalalan bahan dan proses pembuatannya oleh konsumen Muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi sertifikasi halal dengan keputusan pembelian minuman kekinian pada mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman. Metodologi: Penelitian ini merupakan jenis penelitian explanatory research dengan desain cross sectional. Sampel sebanyak 106 mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman diambil dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan uji Rank Spearman. Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara persepsi sertifikasi halal dengan keputusan pembelian minuman kekinian pada mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman dengan kekuatan hubungan antar variabel cukup kuat dan searah (p=0,000, correlation coefficient=0,583). 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman