DETAIL DOCUMENT
Analyzing the Implementation of Higher Order Thinking Skills in the Learning Instructions of "Bahasa Inggris" Textbook for 11th Grade Students of Senior High School
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
INDRAWATI, Ade Maya
Subject
E280 English language 
Datestamp
2021-11-23 08:26:52 
Abstract :
Sejak Kurikulum 2013 menerapkan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam proses pembelajaran, siswa membutuhkan buku teks yang menyediakan materi dan latihan soal berbasis HOTS. Salah satu buku teks yang digunakan di SMA adalah buku ?Bahasa Inggris? untuk siswa kelas 11 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2017. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah instruksi pembelajaran pada buku ?Bahasa Inggris? untuk siswa kelas 11 memenuhi kriteria Higher Order Thinking Skills dan juga untuk mengetahui level kognitif dari Taksonomi Bloom revisi yang disajikan dalam instruksi pembelajaran. Untuk mengetahui implementasi Higher Order Thinking Skills dalam instruksi pembelajaran di buku ?Bahasa Inggris? untuk siswa kelas 11, peneliti menggunakan metode konten analisis oleh Krippendorff. Metode analisis isi meliputi langkah-langkah: unitizing, sampling, recording, reducting, inferring, dan narrating. Di samping metode konten analisis, peneliti juga melakukan wawancara dengan guru bahasa Inggris di SMA N 1 Banyumas dan membagikan kuesioner untuk siswa kelas 11 di SMA N 1 Banyumas untuk mengetahui implementasi Higher Order Thinking Skills di kelas menggunakan buku ?Bahasa Inggris? untuk siswa kelas 11. Hasil analisis menunjukkan bahwa 17 instruksi pembelajaran dikategorikan sebagai C1- Remember, 16 instruksi pembelajaran dikategorikan sebagai C2-Understand, 12 instruksi pembelajaran dikategorikan sebagai C3-Apply, 5 instruksi pembelajaran dikategorikan sebagai C4-Analyze, 23 instruksi pembelajaran dikategorikan sebagai C5-Evaluate, dan 24 instruksi pembelajaran dikategorikan sebagai C6- Create. Hasil wawancara menunjukkan bahwa instruksi pembelajaran pada buku ?Bahasa Inggris? kelas 11 sesuai untuk melatih HOTS siswa karena instruksi pembelajaran membimbing siswa untuk memecahkan masalah dengan berpikir kritis dan berpikir kreatif. Hasil angket menunjukkan bahwa buku ?Bahasa Inggris? untuk kelas 11 menerapkan enam level kognitif dari Taksonomi Bloom revisi. Kesimpulannya, buku ?Bahasa Inggris? untuk siswa kelas 11 memenuhi kriteria Higher Order Thinking Skills (Analyze, Evaluate, And Create), dan buku tersebut juga menyajikan enam level kognitif dari Taksonomi Bloom revisi . 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman