DETAIL DOCUMENT
“Pengaruh Work-Study Conflict (Konflik Kerja-Kuliah) terhadap Kinerja Akademik Dimoderasi oleh Kecerdasan Emosional dan Pengendalian Stres (Coping Stress) (Studi pada Mahasiswa yang Bekerja Paruh Waktu)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
KHAIRUNISA, Hanifa Firda
Subject
A19 Academic achievement 
Datestamp
2021-11-18 06:40:42 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh work-study conflict (konflik kerja-kuliah) pada mahasiswa yang bekerja paruh waktu terhadap kinerja akademik dimoderasi oleh kecerdasan emosional dan pengendalian stres (coping stress). Populasi penelitian adalah mahasiswa yang bekerja paruh waktu di Indonesia. Dengan jumlah sampel 112 mahasiswa yang bekerja paruh waktu. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dari hasil penelitian diketahui bahwa work-study conflict (konflik kerja-kuliah) berpengaruh terhadap kinerja akademik. Akan tetapi pada variabel moderasi kecerdasan emosional dan pengendalian stres (coping stress) yang dianggap mampu memperlemah maupun memperkuat tidak berpengaruh terhadap hubungan work-study conflict (konflik kerja-kuliah) dengan kinerja akademik. Implikasi dari penelitian ini adalah mahasiswa bekerja paruh waktu sebaiknya mampu mengelola work study conflict, bagaimana cara menyalurkan perasaan positif untuk meningkatkan kinerja akademik, kegiatan diluar kuliah sehingga bermanfaat bagi hasil akademik mahasiswa dan persiapan untuk pasar tenaga kerja. 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman