DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Keterampilan Komunikasi Apoteker di Banyumas terhadap Tingkat Kepercayaan dan Loyalitas Masyarakat Baturraden
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
SARTANA, Btari Asa
Subject
C631 Communication 
Datestamp
2021-11-18 04:20:17 
Abstract :
Keterampilan komunikasi apoteker dibutuhkan dalam pelayanan kefarmasian karena dapat meningkatkan kualitas pelayanan kefarmasian dengan membangun hubungan baik dengan pasien. Hubungan baik ini dapat membangun kepercayaan dan loyalitas pasien kepada apoteker. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keterampilan komunikasi berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas pasien atau berpengaruh tidak langsung dengan harus mendapatkan kepercayaan pasien terlebih dahulu. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Pengambilan data dilakukan pada Juli 2021 - Agustus 2021 dengan teknik pengambilan data purposive sampling. Responden penelitian yaitu masyarakat Baturraden yang mendapat pelayanan kefarmasian 3 bulan terakhir. Data dari 106 responden dianalisis secara deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis jalur yang disertai uji sobel untuk mengetahui pengaruh antar variabel. Keterampilan komunikasi Apoteker di Banyumas dinilai cukup baik (76,41%). Tingkat kepercayaan dan loyalitas masyarakat Baturraden dinilai sedang (66,98%; 71,7%). Keterampilan komunikasi apoteker berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung terhadap tingkat loyalitas melalui tingkat kepercayaan sebagai variabel intervening (? = 0,647; 0,607; p-value <0,001; z score = 4,611). Namun tidak signifikan secara langsung terhadap tingkat loyalitas (? = 0,049; p-value = 0,626). 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman