DETAIL DOCUMENT
Strategi Komunikasi Pemasaran Virtual Event Dieng Culture Festival sebagai Alternatif Penyelenggaraan Atraksi Wisata di Era Covid-19
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
UTARI, Maulida Dyah Nur
Subject
C1009 Cultural tourism 
Datestamp
2021-11-19 02:16:16 
Abstract :
Salah satu faktor yang mempengaruhi jumlah wisatawan atau pengunjung di suatu event wisata yaitu bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh penyelenggara. Dengan adanya strategi komunikasi pemasaran yang dirancang dan dijalankan, maka akan diketahui bagaimana hal tersebut dapat mempengaruhi ketertarikan wisatawan untuk berkunjung dan selalu ingin kembali mengunjungi event tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran pada event virtual Dieng Culture Festival Era Pandemi Covid-19 tahun 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di Dieng Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran pada virtual event DCF, panitia penyelenggara menggunakan satu elemen unsur dalam bauran pemasaran (marketing mix) yaitu elemen public realtion dengan mengiklankan virtual event DCF menggunakan sosial media panitia maupun para stakeholder yang juga dibantu dengan periklanan secara konvensional guna meningkatkan ketertarikan khalayak untuk menonton DCF secara virtual untuk pertama kalinya. 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman