DETAIL DOCUMENT
Peran Guru Penjas dalam Implementasi 3M pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Negeri se-Purwokerto
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
RAMADHAN, Rizky
Subject
C630 Communicable diseases Prevention 
Datestamp
2021-11-22 04:10:06 
Abstract :
Latar Belakang: Virus COVID-19 adalah penyakit menular yang mirip dengan influenza yang di sebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus2 (SARS-CoV-2). Pemerintah Indonesia kemudian menetapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) demi menekan kasus penyebaran COVID-19. Kebijakan tersebut diikuti dengan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi COVID-19 dilakukan dengan pembelajaran tatap muka terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan pembelajaran jarak jauh. Edukasi 3M (Mencuci tangan, Menjaga jarak, dan Memakai masker) menjelaskan bahwa dalam rangka pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease (COVID-19). Peran guru yang mendidik dan mengedukasi 3M sangat dibutuhkan untuk mengimplementasikan 3M di satuan Pendidikan. Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri se-Purwokerto. Menggunakan sampel 383 peserta didik dengan teknik proportionate starfied random sampling. Analisis data dengan cara mendiskripsikan bedasarkan data yang terkumpul. Hasil Penelitian: Keseluruhan aspek peran guru Penjas dalam implementasi 3M di SMP Negeri se-Purwokerto dirasa sangat berperan oleh peserta didik. Aspek Menjadi Teladan Edukasi 3M memperoleh nilai indeks 92,58%, Menyampaikan Edukasi 3M memperoleh nilai indeks 94,70%, Mengintegrasikan Edukasi 3M memperoleh nilai indeks 92,24%, Mengingatkan Penerapan 3M Di Luar Lingkungan Sekolah memperoleh nilai indeks 89,09%, Mengingatkan Penerapan 3M Di Lingkungan Sekolah memperoleh nilai indeks 93,17%, Berbagi Praktik Dengan Sesama Guru memperoleh nilai indeks 90,53%. Kesimpulan: (1) Peran guru Penjas dalam implementasi 3M di SMP Negeri se-Purwokerto menunjukkan kategori sangat berperan pada setiap aspek, (2) Nilai presentase terendah pada aspek Mengingatkan Penerapan 3M Di Luar Lingkungan Sekolah dengan nilai indeks 89,09%, (3) Nilai presentase tertinggi pada aspek Menyampaikan Edukasi 3M dengan nilai indeks 94,70%. 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman