DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru dan Perilaku Belajar terhadap Pemahaman Materi Ekonomi Peserta Didik MAN 1 Banyumas dengan Kecerdasan Emosional sebagai Variabel Moderasi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
MUCHAROMAH, Ari Dasa
Subject
H123 High school students 
Datestamp
2021-11-22 08:08:14 
Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei pada peserta didik kelas X IPS MAN 1 Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh positif Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru terhadap pemahaman materi ekonomi (2) pengaruh positif perilaku belajar terhadap pemahaman materi ekonomi (3) apakah kecerdasan emosional memoderasi hubungan antara Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru terhadap pemahaman materi ekonomi (4) apakah kecerdasan emosional memoderasi perilaku belajar terhadap pemahaman materi ekonomi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X IPS MAN 1 Banyumas yang berjumlah 173 peserta didik dengan sampel 121 peserta didik yang dihitung menggunakan teknik propotional random sampling. Instrumen penelitian ini berupa kuesioner, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji F, uji t, uji koefisien determinasi, uji regresi linear berganda, dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru tidak berpengaruh positif terhadap pemahaman materi ekonomi (2) perilaku belajar berpengaruh positif terhadap pemahaman materi ekonomi (3) kecerdasan emosional memoderasi Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru terhadap pemahaman materi ekonomi (4) kecerdasan emosional memoderasi perilaku belajar terhadap pemahaman materi ekonomi. 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman