DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Minat Beli dan Daya Beli terhadap Keputusan Pembelian Buah dan Sayur di Pasar Kota Pemalang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jenderal Soedirman
Author
GHANI, Firman
Subject
F61 Farm produce 
Datestamp
2021-11-29 02:21:42 
Abstract :
Buah dan sayuran merupakan barang pokok atau bahan pangan, yang manfaatnya baik untuk kesehatan. Pada masa pandemi seperti ini peran buah dan sayuran sangat penting, karena untuk menjaga imunitas tubuh. Minat beli merupakan bagian dari komponen perilaku konsumen dalam sikap mengonsumsi, dan kecenderungan konsumen untuk bertindak sebelum akhirnya benar-benar melaksanakan keputusan pembelian. Daya beli merupakan kemampuan seseorang untuk mendapatkan barang atau produk yang diinginkan. Minat dan daya beli tidak bisa terlepas dari komponen perilaku konsumen, karena keduanya akan mempengaruhi keputusan akhir konsumen terhadap pembelian. Pasar Kota Pemalang merupakan salah satu pasar tradisional di Kabupaten Pemalang yang menawarkan berbagai bahan pokok terutama hasil pertanian seperti buah dan sayuran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui adanya pengaruh minat beli terhadap keputusan pembelian, 2) Mengetahui adanya pengaruh daya beli terhadap keputusan pembelian. Penelitian dilaksanakan di Pasar Kota Pemalang pada tanggal 17 Mei s.d 7 Juni 2021. Sasaran penelitian ini adalah konsumen yang mengunjungi Pasar Kota Pemalang yang membeli buah dan sayuran. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling yang melibatkan 96 orang responden. Pengujian instrumen penelitian dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas menggunakan software SPSS dan teknik analisis menggunakan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) karakteristik responden konsumen buah dan sayuran di Pasar Kota Pemalang 80% perempuan, 60% usia 36 - 50 tahun, 60% berlatar pendidikan menengah atas, 29% pekerjaan pedagang, 43% penghasilan perbulan Rp 1.500.000 - Rp 2.000.000, 90% berstatus menikah dan 31% dengan jarak tempuh > 5 KM. (2) Perilaku konsumen buah dan sayuran di Pasar Kota Pemalang 52% responden membeli buah dalam satu minggu 2 - 3 kali, 40% membeli sayuran 4 - 5 kali dalam seminggu, sumber informasi terkait harga produk 92% diperoleh berasal dari teman, apabila kenaikan harga pada buah dan sayur 74% konsumen tetap membeli, 78% konsumen membeli buah rasa manis, 45% jenis sayuran yang dibeli konsumen adalah sayuran buah, 62% responden menyatakan konsumsi buah dan sayur sangat penting, 64% responden mengonsumsi buah dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan gizi atau menjaga kesehatan, dan 73% responden melakukan pembelian buah dan sayuran di Pasar Kota Pemalang dengan terencana. (3) Hasil dari analisis SmartPLS bahwa variabel minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 43%. Variabel daya beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 40%. 
Institution Info

Universitas Jenderal Soedirman